Jumat, 12 November 2010

Speech Recognition

Speech Recognition (juga dikenal sebagai pengenalan suara otomatis atau pengakuan suara komputer) mengkonversi diucapkan kata-kata untuk teks. "Speech Recognition” kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada sistem pengakuan yang harus dilatih untuk kasus-speaker tertentu seperti untuk perangkat lunak pengenal yang paling utama.

Speech Recognition adalah solusi yang lebih luas yang mengacu pada teknologi yang dapat mengenali suara tanpa ditargetkan pada pembicara tunggal seperti sistem call center yang dapat mengenali suara.
Aplikasi speech recognition termasuk user interface seperti suara panggilan suara (misalnya, "Call home"), call routing (misalnya, "Saya ingin membuat kumpulan panggilan"), kontrol alat domotic, pencarian (misalnya, menemukan podcast di mana kata-kata itu diucapkan), sederhana entri data (misalnya, memasukkan nomor kartu kredit), persiapan dokumen terstruktur (misalnya, sebuah laporan radiologi), pengolahan pidato-ke-teks (misalnya, kata prosesor atau email), dan pesawat udara (biasanya disebut Input langsung suara).
Pengenal suara pertama muncul pada tahun 1952 dan terdiri dari sebuah perangkat untuk digit awal perangkat lainnya adalah IBM, dipamerkan di Fair tahun 1964 New York World's. Akhir-akhir ini telah ada banyak perbaikan seperti capabilitiy massa kecepatan transkripsi tinggi pada satu sistem seperti Sonic Extractor.
Salah satu domain yang paling menonjol untuk aplikasi komersial pengenalan suara di Amerika Serikat telah perawatan kesehatan dan khususnya karya transcriptionist medis (MT). Menurut para ahli industri, pada awal berdirinya, pengenalan pembicaraan (SR) yang dijual sebagai cara untuk sepenuhnya menghilangkan transkripsi daripada membuat proses transkripsi lebih efisien, maka tidak diterima. Ini juga merupakan kasus yang speech recognition pada waktu itu sering secara teknis kurang. Selain itu, untuk digunakan secara efektif, dibutuhkan perubahan cara dokter bekerja dan didokumentasikan pertemuan klinis, yang banyak jika tidak semua suka untuk melakukannya. Keterbatasan terbesar pengakuan suara mengotomatisasi transkripsi, bagaimanapun, dipandang sebagai perangkat lunak. Sifat naratif dikte sangat interpretatif dan seringkali memerlukan penilaian yang dapat diberikan oleh manusia sesungguhnya tetapi belum oleh sistem otomatis. Keterbatasan lainnya telah jumlah ekstensif waktu yang diperlukan oleh pengguna dan / atau penyedia sistem untuk melatih perangkat lunak.
Perbedaan dalam ASR sering dibuat antara "sistem sintaks buatan" yang biasanya domain-spesifik dan "pemrosesan bahasa alami" yang biasanya bahasa-spesifik. Masing-masing jenis aplikasi menyajikan tujuannya sendiri tertentu dan tantangan.

Awalnya saya tidak mengerti dan sangat bingung, bagaimana cara memakai software speech recognition ini???? dan akhirnya saya-pun hunting di google “cara menggunakan speech recognition”.

Ternyata di situs itu ada fungsinya,diantaranya:
1. Belajar cara berbicara dengan komputer dengan tutorial yang akan mengajarkan penggunaan perintah-perintah dengan Speech Recognition.
2. Melatih komputer untuk memahami suara yang diinputkan. Speech Recognition menggunakan sebuah profil unik suara untuk mengenali suara dan perintah. Semakin sering dan banyak menggunakan Speech Recognition, maka akan semakin detil profil karakter suara seseorang, hal ini akan meningkatkan kemampuan komputer untuk memahami suara seseorang.setelah saya bisa menggunakannya, ternyata kesulitan yang saya dapati adalah: Pengucapan kalimat atau kata dalam bahasa inggris harus benar, Suara harus keras dan jelas, Pelafalan juga harus jelas, Bila suara tidak jelas maka perintah yang dijalankan komputer tidak benar/salah.
5. Begitu juga dengan pengucapannya jika salah dan tidak jelas, komputer tidak melaksanakan instruksi yang diberikan.
6. Intonasi dilakukan secara pelan, namun harus benar.

Aplikasi Speech Recognition difungsikan untuk mempermudah kinerja kita.

Sistem Speech Recognition atau Sistem Pengenalan Ucapan adalah sistem yang berfungsi untuk mengubah bahasa lisan menjadi bahasa tulisan. Masukan sistem adalah ucapan manusia, selanjutnya sistem akan mengidentifikasikan kata atau kalimat yang diucapkan dan menghasilkan teks yang sesuai dengan apa yang diucapkan.

Adapun kesulitan dalam penggunaan sistem speech recognition in, diantaranya pengucapan kalimat atau kata dalam bahasa inggris harus benar, suaranya pun harus keras dan jelas, serta pelafalannya.

Karena apabila suara tidak jelas maka perintah yang dijalankan komputer tidak sesuai yang kita inginkan atau salah.

Ada juga Windows Speech Recognition pada Windows Vista memberdayakan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer mereka dengan suara. Ia dirancang untuk orang yang ingin secara signifikan membatasi penggunaan mouse dan keyboard sambil mempertahankan atau meningkatkan produktivitas mereka secara keseluruhan.. Anda dapat mendikte dokumen dan email di aplikasi utama, menggunakan perintah suara untuk memulai dan beralih di antara aplikasi, kontrol sistem operasi, dan bahkan mengisi formulir di Web.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Speech_recognition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar